11 September 2017
Satu Vaksin DPT-HB-HiB untuk Cegah 6 Penyakit
Shares

Demi kesehatan anak, imunisasi merupakan salah satu cara efektif yang digunakan untuk mencegah buah hati terkena berbagai penyakit serius. Walaupun sebagian besar jenis imunisasi diberikan untuk mencegah hanya satu jenis penyakit saja, tetapi Indonesia memiliki satu vaksin yang dapat sekaligus melindungi buah hati dari 6 penyakit, yaitu vaksin DPT-HB-HiB yang terdiri dari:

  1. DPT: untuk mencegah penyakit difteri (menyebabkan pembengkakan serta penyumbatan saluran pernapasan), pertusis/batuk rejan, dan tetanus (menyerang saraf otot tubuh)
  2. HB: untuk mencegah hepatitis B
  3. HiB: untuk mencegah pneumonia (radang paru) dan meningitis (radang otak); terdiri dari kuman Haemophilus influenzae tipe B

Nah, agar bekerja secara maksimal, vaksin DPT-HB-HiB ini diberikan sebanyak 4 kali sebagai penguat vaksin sebelumnya, yaitu saat buah hati berusia 2, 3, 4, dan 18 bulan. Vaksin yang disebut juga sebagai vaksin pentavalen ini diberikan dengan cara disuntikkan langsung ke tubuh anak.

 

Sumber:

http://www.depkes.go.id/article/print/201404240001/pekan-imunisasi-dunia-2014-imunisasi-untuk-masa-depan-yang-sehat.html