11 September 2017
Vaksin Measles and Rubella, Pengganti Imunisasi Campak
Shares

Imunisasi MR yang dikampanyekan untuk dilakukan mulai Agustus-September 2017 ini ternyata memiliki fungsi untuk mencegah dua penyakit sekaligus, Moms. Vaksin MR (Measles, Rubella) merupakan pengganti vaksin campak yang dulu digunakan untuk mencegah penyakit tersebut. Sekarang, vaksin campak tidak akan digunakan lagi dan dialihkan ke vaksin MR yang lebih efektif.

Hingga saat ini, pengobatan untuk penyakit campak dan rubella belum tersedia. Oleh karena itu, anak harus dilindungi dengan pemberian imunisasi MR. Setelah periode kampanye selesai, rencananya vaksin MR akan masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin bagi anak Indonesia. Vaksin ini akan diberikan pada anak yang telah menginjak usia 9 bulan, 18 bulan, dan kelas 1 SD.

Umumnya, imunisasi tidak memiliki efek samping apapun, namun mungkin terjadi demam ringan, nyeri, bengkak ringan, atau ruam merah di sekitar bekas suntikan. Hal tersebut merupakan reaksi normal dan akan hilang dengan sendirinya setelah 2-3 hari.

Seperti vaksin pada umumnya, imunisasi MR ini diberikan dengan cara disuntik dan sebaiknya tidak diberikan saat si kecil menderita demam, batuk pilek, atau diare. Jika si kecil sebelumnya telah mendapatkan imunisasi campak, maka tetap diwajibkan untuk diberikan vaksin MR untuk mencegah penyakit rubella, ya, Moms. Yuk, jangan lupa untuk mengajak si kecil ke posyandu terdekat dan sukseskan Indonesia bebas campak dan rubella!

 

Sumber:

http://www.searo.who.int/indonesia/topics/immunization/mr_vaccine_introduction.pdf?ua=1

http://www.depkes.go.id/article/print/17020100001/ini-rencana-pelaksanaan-3-vaksinasi-baru-untuk-lengkapi-imunisasi-dasar-.html