30 April 2021
Cek Makanan Tepat untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Si Kecil!
Shares

Memasuki bulan Ramadan, saatnya Si Kecil berlatih puasa bagi yang menjalankan. Menahan lapar dan haus menjadi dua hal yang harus dilalui Si Kecil di bulan suci ini. Namun, agar ia tetap bisa menikmati makanan dengan nyaman dan lahap, jangan lupa untuk memberikan makanan yang tepat! Cek apa saja bahan makanan yang bisa Moms olah untuk santapan sahur dan berbuka Si Kecil yang sekaligus dapat menjaga gigi dan mulutnya agar tetap sehat!

 

Sayuran

Hampir semua jenis sayuran baik untuk kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. Namun, sayuran dengan tekstur yang cukup keras, seperti wortel dapat membantu kebersihan giginya. Sayur dengan kandungan air tinggi dan tekstur tak begitu lembut membutuhkan waktu kunyah lebih lama yang secara tak langsung membersihkan permukaan gigi layaknya sikat gigi natural.

 

Apel dan Pir

Selain sayuran di atas, buah-buahan seperti pir dan apel juga jadi pilihan, kok! Saat memakan apel atau pir, seratnya bergesekan dengan gigi sehingga secara tak langsung membersihkan permukaannya. Tak hanya itu, rasa asam manis dari kedua buah tersebut dapat memicu air liur yang menetralisir asam penyebab gigi berlubang yang tertinggal di gigi dan mulut Si Kecil.

 

Ikan berlemak

Daging ikan dapat memicu produksi air liur untuk menetralisir asam seperti halnya sayuran. Tak hanya itu, ikan berlemak seperti salmon juga mengandung fosfor, mineral baik untuk melindungi enamel gigi Si Kecil, Moms!

 

Stroberi

Selain lezat dan jadi favorit Si Kecil, ternyata buah stroberi juga bermanfaat untuk kesehatan giginya! Stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang berfungsi memperbaiki tubuh, begitu pula dengan gigi. Memakan buah stroberi utuh juga bermanfaat menjaga kekuatan dan struktur gigi dengan bantuan vitamin C untuk pembentukan kolagen pada dentin giginya.

 

Jamur shiitake

Selain enak dan bisa diolah menjadi banyak sekali menu untuk buka puasa dan sahur Si Kecil di bulan Ramadan, jamur shiitake juga bisa membantu menjaga kesehatan giginya. Jamur shiitake mengandung zat antimikroba yang berfungsi melawan pengeroposan gigi. Selain itu, jamur shiitake juga diperkaya dengan zat bernama lentinan yang mencegah bakteri berkembang biak di mulut.

 

Nah, itulah beberapa bahan makanan yang bisa Moms olah menjadi santapan sahur atau berbuka yang bermanfaat untuk kesehatan gigi Si Kecil. Tapi jangan lupa, selain memberikan makanan tepat, biasakan Si Kecil untuk sikat gigi setelah sahur dan berbuka dengan Kodomo Toothbrush Kids 6+ bergambar karakter kesukaannya! Gunakan juga Kodomo Toothpaste Strawberry Mint atau Orange Mint yang mengandung Fluoride dan Xylitol untuk melawan bakteri penyebab gigi berlubang sekaligus menjaga kekuatan giginya!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.