05 April 2017
Yuk, Lakukan Hal Ini untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak!
Shares

Membangun rasa percaya diri anak merupakan salah satu tugas orang tua, tapi jangan anggap berat hal ini, Moms. Siapa sih yang tidak ingin membesarkan anak penuh percaya diri? Hal-hal simpel ini bisa dilakukan agar rasa percaya dirinya bertambah, lho.

Jadilah pendengar yang baik


Walaupun sibuk, Moms harus mendahulukan anak ketika ia ingin bicara atau curhat. Bicaralah face-to-face dengan anak, tataplah matanya. Gestur sederhana ini ternyata bisa membuat anak jadi percaya diri. Dengan didengar secara baik, anak akan merasa bahwa ia penting.

Hargai anak


Sering kali sebagai ibu, merasa bahwa anak adalah bayi kecil yang harus terus diatur dan dilindungi. Wah, ternyata ini tidak selamanya baik untuknya, Moms. Jangan sampai lupa bahwa anak juga merupakan seorang individu yang memiliki kehendak dan pikirannya sendiri. Hindari memaksa anak untuk selalu mengikuti keinginan Anda, dengarkanlah pendapatnya dan cobalah selalu untuk memahaminya.

Biarkan anak membantu


Walau ia kecil, jangan underestimate kemampuannya, Moms! Si Kecil sudah bisa lho, membantu tugas rumah yang kecil-kecil. Seperti membawa tas belanja, membantu memasak, membersihkan tumpahan minuman, atau membuang sampah ke tempatnya. Ketika anak menawarkan diri untuk membantu, bolehkanlah. Rasa bangga karena telah membantu Moms akan membuatnya tambah percaya diri.

Ia bisa melakukannya sendiri!

Jika si Kecil ingin melakukan banyak hal sendiri, dukunglah! Ia sudah bisa kok mengambil lauk, gosok gigi, atau pakai baju sendiri! Perhatikanlah apa yang ia lakukan, awalnya pasti lucu dan menggemaskan, namun ini adalah caranya belajar. Bantulah ketika ia meminta.

Kasih sayang, perhatian, dan dukungan adalah hal penting untuk menambahkan rasa percaya diri pada anak. Tidak hanya itu, Moms, bebaskanlah ia juga untuk melakukan apa yang ia sudah bisa lakukan sendiri. Ketika Moms membiarkannya melakukan banyak hal sendiri, ia akan tahu bahwa ia bisa dan percaya pada dirinya sendiri bahwa ia bisa!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

1 Komentar

Fernawati 2018-07-13 16:13:09

terimakasih KODOMO, Setelah saya baca artikel ini, infonya sangat berguna sekali..