01 February 2021
Serunya Mengajarkan Si Kecil untuk Cuci Tangan!
Shares

Cuci tangan itu penting! Bukan hanya bisa menjaga agar tangan bebas dari kotoran yang terlihat, tapi juga membantu menghilangkan kuman dan virus berbahaya agar tidak masuk ke dalam tubuh. Di masa pandemi ini, mencuci tangan menjadi salah satu hal sederhana yang bisa mencegah penularan penyakit. Oleh karena itu, biasakan Si Kecil untuk mencuci tangan, yuk! Cek cara serunya di sini!

Pasang gambar tahapan cuci tangan
Agar ia selalu ingat, Moms bisa pasang gambar lucu berisi tahapan untuk mencuci tangan. Jika ingin lebih mudah diingat, libatkan ia dalam pembuatan gambarnya sambil menjelaskan perlahan tentang step-step tersebut.

Buat lagu cuci tangan sederhana
Si Kecil cuci tangan terlalu cepat? Akali dengan membuat lagu berdurasi 20 detik yang bisa ia nyanyikan sambil mencuci tangan. Misalnya, Moms bisa menggunakan nada lagu “Twinkle Twinkle Little Star” lalu ganti liriknya menjadi:
“Ayo cuci tanganmu, cuci tangan sampai bersih. Jangan lupa sabunnya, lalu gosok perlahan. Ayo cuci tanganmu, sampai kumannya hilang!”

Ukir sabun bersama-sama
Supaya kegiatan cuci tangan jadi lebih menarik, Moms dan Si Kecil juga bisa mengukir sabun batangan dengan gambar lucu, lho! Misalnya, Moms bisa membantunya untuk menggambar tokoh animasi favoritnya dan jadikan sabun batangan tersebut khusus digunakan olehnya sendiri.

Ingatkan Si Kecil
Diajarkan sudah, sekarang tinggal mengingatkan Si Kecil kapan harus mencuci tangan, ya, Moms! Mengingatkan secara reguler dapat membantunya untuk membentuk kebiasaan baik. Misalnya, ingatkan ia untuk mencuci tangan setelah pergi ke luar rumah, setelah memegang benda di tempat umum, sebelum dan sesudah makan, serta usai buang air.

Berikan reward kecil
Tidak perlu hadiah yang besar, kok! Jika ia berhasil melakukan semua tahapan cuci tangan dan menjaga kebersihan dengan baik, Moms bisa memberikan hadiah berupa menu favoritnya atau benda kecil buatan sendiri yang lucu.

Ternyata mengajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan tidak sesulit yang dipikirkan, bukan? Dengan cara yang menarik, Si Kecil pastinya akan lebih semangat untuk menjaga kebersihan yang dimulai dengan mencuci tangan!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.