01 February 2021
Jawab Rasa Penasaran Si Kecil tentang Pandemi, Yuk!
Shares

“Mom, kenapa kita enggak boleh jalan-jalan ke luar?”
“Pandemi itu apa, Mom?”
“Kenapa semua orang harus pakai masker, Mom?”

Apakah Si Kecil sering melontarkan pertanyaan seperti di atas di masa pandemi ini?

Rasa penasaran Si Kecil sangat mungkin tumbuh dikarenakan adanya perubahan drastis, mulai dari kebiasaan sehari-hari di rumah hingga adanya peraturan kesehatan di luar rumah. Tak jarang juga Si Kecil jadi bertanya-tanya hal apa yang terjadi sehingga ia tak bisa lagi main di taman bersama teman-teman seperti biasanya, melihat Moms dan Paps bekerja setiap hari di rumah, atau tidak lagi jalan-jalan ke luar bersama keluarga saat weekend. Untuk itu, Moms bisa memberi penjelasan dan pemahaman kepada Si Kecil tentang pandemi dan COVID-19 dengan cara yang mudah ia mengerti. Cek, yuk, bagaimana cara yang tepat untuk menjelaskan kepada Si Kecil!

Cari tahu lebih banyak
Sebelum memberi penjelasan kepada Si Kecil, ada baiknya Moms melakukan riset dan membaca seputar pandemi dan COVID-19. Dengan lebih banyak tahu, Moms bisa menjelaskan hal mana saja yang benar atau tidak kepada Si Kecil mengingat banyaknya berita yang simpang siur beredar namun belum tentu terjamin kebenarannya.

Tanyakan yang ia ketahui
Sebagai permulaan, Moms harus mengetahui dulu hal apa saja yang Si Kecil dengar tentang pandemi ini. Setelah Moms tahu, mulai jelaskan perlahan dan biarkan Si Kecil bertanya terlebih dahulu apa yang ia pikirkan tentang situasi ini. Sebaiknya hindari membebani Si Kecil dengan penjelasan menyeluruh atau lebih dari yang ia tanyakan, ya.

Beri penjelasan dengan tenang
Si Kecil bisa merasakan hal yang Moms rasakan juga, lho! Jadi, pastikan Moms memberi penjelasan dengan tenang agar ia tidak merasa takut. Selalu berikan energi positif kepada Si Kecil namun tetap waspada, ya!

Biarkan Si Kecil berbagi tentang perasaannya
Memvalidasi perasaan Si Kecil juga tak kalah penting, Moms! Berdasarkan hal yang ia dengar, bisa jadi ia merasa ketakutan. Umumnya, Si Kecil merasa cemas terhadap orang-orang di sekitarnya, seperti teman atau saudara. Biarkan ia melepaskan rasa khawatirnya dengan melakukan panggilan video sesekali untuk memastikan keadaan orang-orang yang ia sayangi.

Ingatkan yang bisa ia lakukan
Walaupun pandemi ini merupakan hal yang tidak bisa dikendalikan dengan mudah, ingatkan Si Kecil bahwa ia juga punya kekuatan untuk melawannya! Ajarkan ia tentang bagaimana cara COVID-19 menyebar dan bagaimana cara untuk menghentikan atau meminimalkan penularan. Pastikan ia paham bahwa ia punya kontrol atas pencegahan tersebut, ya.

Jadi role model yang baik
Selalu beri contoh yang baik untuk menggunakan masker di mana pun, mencuci tangan dengan sabun, hingga menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Pastikan Moms mengajarkan Si Kecil cara mencuci tangan yang benar, menutup hidung dan mulut dengan siku saat bersin atau batuk, serta menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter saat harus keluar rumah, ya.

Moms, menjawab rasa penasaran Si Kecil seputar pandemi ini memang tidak mudah. Tapi, dengan cara-cara di atas, Moms bisa mengurangi rasa khawatir dalam diri Si Kecil dan kembali semangat dalam menjalani hari yang baru selama periode pembatasan sosial. Tetap semangat, Moms!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.