01 February 2021
Stres di Masa Pandemi? Cari Tahu Cara Mengatasinya, Yuk!
Shares

Beberapa bulan ini, kita harus dihadapkan dengan pembatasan sosial sebagai akibat dari pandemi yang tak kunjung selesai. Terbatasnya ruang gerak dari yang sebelumnya bebas ke mana saja menjadi harus berdiam diri di rumah sangat mungkin menjadi awal munculnya stres pada diri Moms dan juga keluarga. Agar tetap semangat dan ceria walaupun di rumah saja, yuk, kenali tanda awalnya dan apa yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya dengan cara menyenangkan!

Apa tandanya?
Munculnya stres di masa pandemi ini sangat normal terjadi, kok, Moms! Tak hanya mengubah kebiasaan, pandemi juga menyebabkan Moms harus memutar otak kembali untuk menjalankan usaha, pekerjaan, maupun menjaga kesehatan keluarga di saat yang sama. Begitu banyaknya pikiran yang menumpuk, tak heran kalau Moms merasakan stres karena pandemi. Mulai dari merasakan sedih, bingung, takut, hingga marah karena hal kecil merupakan beberapa tanda awalnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi stres tersebut?

Cara mengatasi stres di masa pandemi
Merasa terbatas dan tidak bisa melakukan banyak hal saat pandemi wajar dirasakan, Moms. Walaupun hal ini jadi salah satu yang sulit dihindari, tapi Moms bisa menjaga kesehatan mental Moms dengan beberapa cara, misalnya:

1. Berkomunikasi dengan teman atau keluarga
Pandemi dan pembatasan sosial bukan berarti Moms harus “memutus hubungan” dengan teman dan keluarga. Moms masih bisa menelepon, berkirim pesan, atau video call untuk melepas stres dan bercerita tentang keseharian. Dengan berbicara dan mengeluarkan perasaan yang tertahan di dalam diri bisa menjadi salah satu metode yang dinilai efektif menurunkan tingkat stres. Selain itu, dengan berbincang, mungkin saja mendapatkan solusi atas kekhawatiran Moms selama ini!

2. Jaga kesehatan tubuh
Menjaga kesehatan tubuh sangat penting dilakukan saat di rumah saja, Moms! Berolahraga bersama Si Kecil juga dapat menurunkan tingkat stres dan menyegarkan tubuh setelah seharian berada di rumah. Moms dan Si Kecil bisa melakukan berbagai jenis olahraga seru lewat video di internet, lho.

3. Pastikan makanan sehat
Menjaga kesehatan juga harus dilakukan dari dalam, ya, Moms! Pastikan Moms selalu menyediakan makanan bergizi seperti buah dan sayuran di setiap menu makanan keluarga. Moms juga bisa bereksperimen dan menciptakan menu baru bersama Si Kecil.

4. Cari tahu tentang pandemi dan COVID-19
Selama berada di rumah, bukan berarti Moms juga menutup diri tentang hal yang terjadi di luar. Sebaiknya, cari tahu lebih jauh tentang bagaimana penularan COVID-19, gejala, apa yang harus dilakukan saat harus ke luar rumah, dan bagaimana Moms bisa melindungi diri dan keluarga agar tetap sehat. Dengan tahu lebih banyak, Moms dapat mempersiapkan diri sehingga rasa cemas berkurang. Lebih banyak tahu, pencegahan dapat lebih efektif!

5. Kurangi melihat berita negatif
Di masa pandemi, berita negatif tentang penyebarannya juga semakin banyak. Tak jarang, hal ini malah membuat panik bahkan paranoid terhadap bermacam hal sehingga Moms tidak bisa berpikir secara jernih. Sebaiknya, hindari melihat berita bernada negatif yang bisa men-trigger rasa cemas Moms, ya. Untuk sementara waktu, kurangi intensitas untuk mengakses media sosial untuk menghindari rumor yang belum valid.

6. Luangkan waktu melakukan hobi
Moms punya hobi apa, nih? Selama di rumah saja, saatnya Moms melakukan kegiatan favorit, misalnya menggambar, menyulam, memasak, atau membuat hiasan rumah yang cantik. Dengan melakukan hobi, tingkat stres juga bisa berkurang, Moms. Supaya lebih seru, lakukan hobi bersama Si Kecil dan jadikan momen tersebut lebih menyenangkan!

Stres di masa pandemi itu hal yang normal, Moms! Jadi, tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga. Selalu iringi hari-hari dengan tersenyum dan jangan ragu untuk berbicara dengan orang yang bisa Moms percaya, ya. Semangat, Moms!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.