09 March 2020
Dukung Tumbuh Kembang si Kecil dengan Kasih Sayang!
Shares

Membangun karakter yang baik dalam diri si Kecil sekaligus mendukung tumbuh kembangnya mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi Moms dan keluarga. Tapi, ternyata hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui ungkapan kasih sayang terhadap si Kecil, lho. Sayangnya, terkadang hal ini jadi salah satu yang terlupakan karena fokus terhadap perkembangan kemampuan untuk mendukung pendidikan formal si Kecil saja. Padahal, mengajarkannya dengan diiringi kasih sayang jauh lebih bermanfaat terutama untuk pembentukan karakternya.

 

Manfaat besar kasih sayang

Mengungkapkan rasa cinta kepada si Kecil ternyata bisa membantu kesehatan mental dan fisiknya. Di samping itu, perkembangan otak dan memorinya juga membaik dibanding si Kecil dengan orang tua yang jarang mengungkapkan kasih sayang. Lalu, dengan kekuatan kasih sayang, si Kecil jadi lebih berani mencoba berbagai hal serta mempererat bonding. Bukan cuma itu, menunjukkan kasih sayang bisa menumbuhkan sifat empati dan percaya diri si Kecil sejak dini.

 

Luangkan waktu bersama si Kecil

Siapa bilang mengungkapkan cinta hanya bisa dilakukan melalui ucapan? Nggak, kok, Moms! Meluangkan waktu untuk melakukan permainanyang diiringi dengan didikan Moms juga bisa menjadi perantara rasa sayang kepada buah hati. Misalnya, lakukan permainan pilihan si Kecil serta ajak ia melihat lingkungan sekitarnya dari dekat. Dengan begitu, kemampuannya untuk mengenal sekitar akan lebih baik sekaligus mengasah keterampilannya berbahasa.

 

Mendidik dan memberi koreksi

Mendidik si Kecil penuh kasih sayang bukan berarti nggak bisa memberikan koreksi terhadap hal buruk yang dilakukannya. Koreksi harus tetap dilakukan namun harus diingat untuk tetap bebas dari nada tinggi apalagi sampai main fisik, ya. Jelaskan kepada si Kecil mengapa hal yang ia lakukan tersebut buruk baginya atau orang lain. Lalu, akhiri dengan memberikan pelukan. Misalnya, si Kecil malas menyikat gigi, lalu Moms harus memberitahunya bahwa gigi juga perlu perhatian dan dirawat dengan sikat gigi dan pasta gigi Kodomo khusus anak agar bebas kuman. Nah, jelaskan juga kalau gigi juga butuh diberi kasih sayang seperti Moms ke si Kecil.

 

Sudahkah Moms mengungkapkan kasih sayang kepada si Kecil setiap hari? Bagaimana cara Moms mendidik si Kecil  dan membentuk karakternya sejak dini dengan penuh kasih sayang?


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.