08 January 2020
Awali Perkembangan dan Kesehatan Tubuh si Kecil dari Menyikat Gigi, Yuk!
Shares

Asyik! Setelah tahun baru, tentunya jadi saat-saat yang tepat dan menyenangkan untuk dihabiskan bersama si Kecil, kan, Moms? Biasanya, saat libur si Kecil cenderung menginginkan makanan favoritnya, seperti es krim, donat, coklat, atau lainnya. Tapi, jika terlalu banyak makan makanan manis, kesehatan giginya juga harus dijaga! Yuk, isi waktu liburan dengan mengajarkan ia untuk menjaga kebersihan gigi si Kecil! Apa saja keuntungan mengajarkan si Kecil membersihkan gigi dan mulut? Yuk, cari tahu di sini!

 

Mengajarkan kebersihan

Menyikat gigi merupakan hal yang wajib dilakukan dan dibiasakan sejak dini. Dengan menyikat gigi, si Kecil bisa memahami bahwa kebersihan merupakan awal dari kesehatan diri. Misalnya, sikat gigi bisa membantu melawan kuman-kuman jahat yang bisa merusak gigi. Jika gigi rusak atau bolong, si Kecil bisa sakit gigi yang tentunya membuat ia nggak nyaman. Setidaknya, biasakan untuk menyikat gigi 2 kali sehari setelah makan, ya! Dengan gigi yang sehat, maka asupan nutrisi melalui makanan juga bisa terpenuhi dengan lebih baik. Sebaliknya, kalau gigi si Kecil bolong, maka ia juga jadi nggak nyaman untuk mengunyah bahkan jadi menolak untuk makan. Wah, gawat banget kalau sudah seperti itu, ya, Moms!

 

Mengajarkan tentang kemandirian

Moms, ternyata mengajarkan si Kecil untuk menyikat gigi sejak dini juga bisa membantu melatih kemandiriannya. Mempersiapkan si Kecil agar bisa menyikat gigi sendiri tanpa bantuan Moms dapat dilakukan secara bertahap sesuai usianya. Misalnya, saat ia berusia 2 tahun, Moms bisa mengenalkan cara menyikat gigi yang baik dan benar menggunakan pasta gigi sebesar biji jagung. Moms juga harus mengajarkan cara kumur-kumur setelah sikat gigi dan pastikan ia untuk membuang air kumurannya, ya. Dengan melatih si Kecil sejak kecil, maka ia akan terbiasa untuk mencoba melakukan berbagai hal sendiri yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

 

Memberinya kebebasan memilih

Bukan kebebasan untuk memilih mau menyikat gigi atau nggak, ya, Moms! Tapi, si Kecil bisa memilih sikat gigi dan pasta gigi yang ia suka. Misalnya, berikan pilihan Kodomo Toothbrush dengan karakter favoritnya. Selain itu, si Kecil juga bebas memilih pasta gigi dari Kodomo yang khusus untuk anak-anak dengan rasa yang ia sukai. Nah, hal ini juga bisa mengajarkannya tentang berani berpendapat dan memilih sendiri serta menghormati pilihan orang lain.

 

Selain menjaga kesehatan tubuh si Kecil dari menyikat gigi dengan Kodomo Toothbrush dan Kodomo Toothpaste, jangan lupa selalu biasakan si Kecil untuk minum air putih sehabis makan makanan favoritnya selama liburan akhir tahun ini, ya.


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.