15 August 2017
Moms, Ajari si Kecil Mengelola Emosi, Yuk!
Shares

Seiring anak bertumbuh besar, ia juga makin banyak mengenal hal-hal baru, termasuk emosi. Moms bisa membantunya dalam mengenal perasaan yang dialami dan mengelolanya. Pengenalan dan pengelolaan emosi sangat penting untuk Buah Hati, agar ia mengerti bagaimana cara yang tepat dalam pengungkapan emosi. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membantunya mengelola emosi.

Kenali Emosi

Bantu anak mengenali segala emosi yang ia alami. Moms bisa membantunya dengan cara kreatif, seperti membuatkan tabel perasaan dan mengisinya dengan karakter smiley. Selain itu, membuat anak lebih familiar dengan emosi yang dialaminya dengan memberitahu jenis emosi beserta situasi yang menjadi trigger juga bisa dilakukan, Moms.

Batas Emosi

Setelah mengenal emosi, bantu juga ia untuk mengungkapkan emosinya secara benar, baik itu lewat perbuatan atau kata-kata. Ketika anak sedih, bantu ia untuk mengidentifikasi kesedihannya dan beri tahu dia bahwa rasa sedih akan hilang, berganti dengan senang, dan sebaliknya.

Beri Contoh

Anak bisa meregulasi emosi dengan baik jika orang dewasa di sekitarnya juga mampu mengendalikan emosi. Jika orang tua meledak-ledak dalam pengungkapan emosi, anak akan cenderung mencontoh hal ini, begitu pula jika orang tua cenderung lebih tenang dalam menunjukkan emosi.

Beri Pujian

Setelah anak menunjukkan regulasi emosi yang baik, misalnya mengungkapkan kemarahan atau kesedihan tanpa menangis atau merengek, Moms bisa beri ia pujian atas kesuksesannya. Ini bisa menjadi dorongan positif bagi anak, hingga anak melakukannya kembali jadi kebiasaan.

Mengenali dan mengatur emosi adalah hal yang sehat untuk dilakukan. Merasakan emosi adalah tanda bahwa kesehatan emosional sehat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, cara mengatur dan mengungkapkannya. Good luck, Moms!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

6 Komentar

Octaria Sulistyani 2018-03-27 20:38:53

Tipsnya sgt bagus & mudah dimengerti, akan sy coba terapkan pada anak saya. Krn seringkali sayapun masih aga kesulitan mengatasi emosi anak yg sering meledak -ledak tanpa sebab. Thanks Kodomo :)



Wahyuni 2018-03-27 17:35:02

Akan saya terapkan, walau kadang sulit, tapi saya akan berusaha terima kasih kodomo, atas informasinya



Sutikah 2018-03-26 15:22:04

ilmunya sangat bermanfaat sekali



Retno Seniawati 2018-03-23 19:10:13

Info yang bermanfaat nih tentang pengelolaan emosi si kecil. Terima kasih Kodomo.



Fernawati 2018-03-14 10:58:16

Tips nya bermanfaat banget, kadang anaku yg kecil emosinya gak menentu, maraah, lalu nangis setelah itu malah tertawa ..



Retno Ardiyani 2018-03-13 16:20:45

Thanks kodomo, sangat berguna ????