15 August 2017
Yuk, Ajarkan Anak Berkenalan dengan Orang Baru!
Shares

Si Kecil mengalami kesulitan berbaur dengan orang baru? Jangan khawatir, Moms!

Tidak semua anak atau balita bisa langsung membaur ketika mengenali orang baru, kok. Wajar saja, di rumah ia hanya bertemu dengan orang tua dan keluarga dekat. Mengenal banyak orang baru mungkin sulit baginya, ini cara tepat untuk membantu mempermudahnya.

Informasikan Terlebih Dulu

Beri tahu anak terlebih dulu ia akan pergi ke mana, bertemu dengan siapa, dan bagaimana suasananya nanti. Misalnya saat akan berkunjung ke rumah saudara, beritahu bahwa di sana ia akan bertemu saudara-saudara, kakek, nenek, sepupu, om, dan tante. Di sana juga akan ramai, banyak makanan dan mainan kesukaannya. Penjelasan ini akan membantu anak agar tidak “kaget” dan lebih mampu menghadapi situasi yang akan datang.

Ajari Cara Berkenalan

Moms bisa mengajarkannya bersalaman atau tersenyum sambil memandang wajah orang yang mengajak berkenalan ketika kenalan dengan orang baru. Ajari anak untuk berani menghadapi orang baru dan beri tahu ia bahwa boleh saja mengungkapkan ketidaknyamanan anak kepada orang baru tersebut jika mereka memaksa menggendong, mencium, atau mengajak bercanda, namun tetap dengan cara yang sopan.

Beri Tahu Orang tentang Kebiasaan Anak

Moms juga bisa membantu anak dengan memberi tahu orang lain bagaimana kebiasaan anak. Misalnya, anak lebih suka bercerita soal mainan favoritnya dibanding diajak bercanda atau dipaksa digendong. Atau jika anak lebih suka tersenyum dari pada diajak bersalaman, ada baiknya memberi tahu ini agar orang lain tidak merasa ditolak. Buat anak dan orang lain saling mengerti lewat Anda.

Temani si Kecil

Menemani atau berada di dekatnya wajib dilakukan ketika anak berada di tempat baru dengan orang baru. Dengan begini, Moms jadi bisa memperhatikan interaksi anak dan anak juga akan merasa aman dengan kehadiran Anda.

Saat harus berhadapan dengan orang baru, akan lebih baik jika anak tampil wangi dan segar. Hal ini pasti akan membuatnya tambah happy serta penuh percaya diri. Selain itu, orang lain juga akan senang menyambutnya. Pastikan si Kecil selalu ditemani harum ceria Kodomo Body Wash dan Shampoo yang memiliki wangi buah segar, ya, Moms!


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

1 Komentar

Fernawati 2018-03-14 12:58:38

Terimakasih tips nya bermanfaat..dari body wash , shampo dan pasta gigi , kedua buah hatiku pake kodomo.