05 April 2017
Kenali 7 Tanda ADHD Pada Balita, Moms!
Shares

Pernah dengar tentang ADHD, Moms? Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan disorder mental yang mempengaruhi prestasi belajar dan kemampuan bersosialisasi seorang anak. Gejala ADHD bisa sangat beragam sehingga membuatnya sulit untuk dikenali. Oleh karena itu, pemeriksaan teliti dan menyeluruh dibutuhkan untuk diagnosis disorder mental ini. Kenali 7 tanda umum ADHD, yuk, Moms!

  1. Perilaku egois
    Tanda umum ADHD adalah kekurangan anak untuk dapat memahami keinginan dan kebutuhan orang lain. Anak yang menderita ADHD mungkin akan menyela orang lain ketika berbicara, tidak sabar menunggu giliran, atau kesulitan sharing mainan atau makanan dengan temannya.

 

  1. Emosi meledak-ledak



    Walaupun rasa marah wajar dialami oleh balita, anak dengan ADHD akan kesulitan mengontrol emosinya. Ia akan sering marah atau bahkan mengamuk pada tempat dan waktu yang tidak tepat.
  1. Tidak bisa diam



    Anak dengan ADHD akan sulit diajak duduk diam. Ia akan berlarian atau berputar-putar di sekitar kursinya ketika diperintahkan untuk duduk.
  1. Kesulitan menyelesaikan pekerjaan
    Waspadai jika anak cepat kehilangan minat pada sesuatu. Contohnya, ketika anak ditugaskan untuk membereskan mainan, atau menggambar, ia tidak menyelesaikannya dan malah memperhatikan atau mengerjakan hal lain yang menarik perhatiannya di tengah aktivitas.
  1. Tidak fokus
    Pengidap ADHD akan kesulitan untuk fokus bahkan ketika diajak bicara secara langsung. Mereka akan bilang bahwa mereka mendengarkan, namun mereka tidak dapat mengulangi apa yang Anda katakan.
  1. Sering membuat kesalahan
    Anak dengan ADHD akan kesulitan mengikuti instruksi, merencanakan sesuatu, dan mengeksekusinya. Ketidakmampuan ini membuat mereka sering membuat kesalahan, tapi ini bukan tanda kemalasan atau kurangnya tingkat inteligensi anak.
  1. Sering melamun



    Tidak selamanya anak dengan ADHD terus berisik dan tidak bisa diam. Tanda umum lain ADHD adalah seringnya si anak berdiam diri atau tidak ingin bergabung bersama temannya. Mereka sering melamun, berkhayal, dan tak acuh pada keadaan di sekitarnya.

Apa yang harus Moms lakukan?
Semua tanda umum ADHD di atas bisa saja dialami oleh anak yang tidak mengidap ADHD, Moms. Kapan gejala umum ini harus dicemaskan? Adalah ketika anak Anda menunjukkan semua atau salah satu gejala secara terus-menerus. ADHD bisa disembuhkan, jika mencemaskan, temui psikolog dan pilihlah treatment yang paling cocok untuk Anda dan balita.


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

1 Komentar

Fernawati 2018-03-14 13:35:26

Informasi yg menarik