05 April 2017
Jangan Cemas! Perubahan Ini Wajar Dialami oleh Si Kecil
Shares

Setelah meniup lilin ulang tahunnya yang pertama, tumbuh kembang si Kecil memang jadi terasa sangat cepat. Dari seorang bayi lucu yang membutuhkan perhatian penuh, hingga menjadi balita yang serba bisa. Perubahan cepat ini tak jarang membuat Moms merasa overwhelmed. Tapi jangan cemas, kenali yuk, perubahan besar yang wajar terjadi selama tumbuh kembang buah hati.

Perubahan pada fisik


Mulai usia 2 tahun, balita cenderung mengalami pertumbuhan fisik signifikan. Seperti bertambahnya bobot badan dan tinggi badan yang sangat cepat dan drastis. Moms tidak perlu khawatir jika si Kecil bertumbuh secara tidak sama dengan balita lain karena hal ini sangat berpengaruh pada genetika dan gaya hidup. Untuk memastikan tumbuh kembangnya sempurna, tambahkan jadwal kunjungan ke dokter anak dalam to-do-list Moms, ya!

Perubahan pada emosi


Usia 2-3 tahun adalah waktu yang tepat untuk menanamkan nilai dan memberikan nasihat sederhana pada buah hati. Lakukan gestur parenting yang baik seperti memberi reward ketika si Kecil berperilaku baik dan berikan hukuman mendidik ketika ia salah. Dengan cara ini, ia akan belajar mengenal mana benar dan salah, serta mana boleh dan tidak boleh.

Usia 3-5 tahun, buah hati akan tumbuh menjadi individu yang lebih kompleks. Si Kecil akan mulai mengenal berbagai emosi seperti sedih, marah, kecewa, bahagia, serta cemburu. Pada tahap kembang ini, peranan orang tua sangat penting untuk perkembangan kecerdasan emosi anak. Bantu buah hati mengidentifikasi emosinya, serta bagaimana cara mengaturnya.

Perubahan pada perilaku


Balita Anda kini telah berubah menjadi si serba bisa. Sering sekali ia ingin melakukan berbagai hal sendiri, seperti makan sendiri, berjalan sendiri, serta mandi dan menggosok gigi sendiri. Ketika balita telah mencapai tahap ini, hindari melindunginya secara berlebihan dan biarkan ia menajamkan kemampuannya. Bantulah anak ketika ia membutuhkan.


Perhatian! Login/Register terlebih dahulu untuk mengirim komentar

0 Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.